Home Google Id Ramlan Tjong Blog
Yahoo Id Menu
Browse » Home » Label: » Film Film Asing Stop Tayang di Bioskop Selain 21

Film Film Asing Stop Tayang di Bioskop Selain 21

Jakarta-C&R/OMG- Ternyata penghentian penayangan film-film asing produksi Hollywood, India, China, Korea, Eropa dan lain sebagainya, tidak hanya berlaku untuk bioskop 21 dan XXI saja. Tetapi juga untuk bioskop di luar jaringan itu. "Jadi seluruh bioskop di Indonesia tidak akan bisa menayangkan film asing dari negara mana pun," tandas Noorca M. Masardi saat dihubungi Jumat (18/2/2011) malam.

Yang menjadi penyebab semua ini adalah keberatan pihak Motion Picture Association of America (MPAA) atas kebijakan bea masuk dan pajak yang amat memberatkan. "Ini memang keputusan sepihak pihak MPAA. Penyebabnya mereka keberatan dengan bea masuk dan pajak atas film impor yang diterapkan. Menurut mereka peraturan ini tidak lazim dan tak ada di belahan dunia mana pun juga," tandasnya.

Keputusan penghentian penayangan film-film asing di bioskop di seluruh Indonesia di kemukakan oleh Frank S. Rittman, Vice President Deputy Managing Director Regional Policy Office ASia-Pasicif MPAA usai premier film Black Swan di Jakarta Theater, Kamis (17/2/2011). "Saat itu dia bilang kepada penonton dan wartawan yang hadir begini, Anda semua beruntung bisa menonton film ini. Soalnya film ini tidak akan ditayangkan untuk umum karena MPAA menarik semua film yang akan didistribusikan di bioskop seluruh Indonesia," katanya.

Selama ini tiap kopi film impor yang masuk ke Indonesia, dikenakan bea masuk+pph+ppn sebesar 23,75% dari nilai barang. Tidak hanya itu, Ditjen Pajak dan Kemenkeu juga selalu menerima pembayaran pajak penghasilan 15% dari hasil pemutaran setiap film impor yang diedarkan di Indonesia. (@edysuherli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait